Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disiagakan, Helikopter dan Moge untuk International Tour de Ijen 2016

Kompas.com - 03/05/2016, 10:14 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Untuk pengamanan International Tour de Banyuwangi Ijen yang akan digelar 11-14 Mei 2016, Polres Banyuwangi berencana akan menggunakan helikopter dan armada motor gede, serta melibatkan Brimob Polda Jatim.

Hal tersebut di sampaikan oleh Kabag Operasional Polres Banyuwangi Kompol Sujarwo kepada Kompas.com, Rabu (3/5/2016).

Selain itu, ada 2.700 pos pengamanan yang akan disiapkan pada rute sepanjang 567 kilometer. Untuk etape pertama sebanyak 772 titik, 658 pada etape kedua, 685 titik di etape ketiga dan di etape keempat ada 784 titik pengamanan.

"Selain kami juga akan melibatkan masyarakat lewat Linmas dan Satpam yang akan membantu pengamanan International Tour de Banyuwangi Ijen," ujar Sujarwo.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dispora Wawan Yadmadi kepada Kompas.com menjelaskan, ada dua indikator yang paling tinggi untuk mendapatkan nilai excellent dari Persatuan Balap Sepeda Internasional yang telah didapatkan oleh ItdBI selama dua tahun berturut-turut dari empat kali pelaksanaannya lomba, yaitu keamanan hingga peliputan lomba.

"Selama lomba berjalan dua tahun terakhir sudah dinilai very good secure dan untuk tahun ini kami memastikan pengamanan harus ditingkatkan sehingga kemungkinan terjadinya acident bisa kita minimalisir," ucapnya.

Sedangkan untuk pelayanan kesehatan, akan ada mini hospital di start dan finish masing masing etape serta akan ditambahkan 92 pos kesehatan di tempat tempat strategis di sepanjang rute di masing masing etape.

"Kami sudah melakukan rapat sinergi dengan aparat keamanan, jajaran SKPD serta masyarakat untuk mensukseskan ITdBI tahun ini," pungkas Wawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com