Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamit Bunuh Biawak, Petani Bone Tenggak Racun hingga Tewas

Kompas.com - 30/03/2016, 20:00 WIB
Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Seorang petani di Dusun Cadea, Desa Tellongeng, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, ditemukan tewas di kebunnya setelah menenggak racun, Rabu (30/03/2016).

Sebelumnya, korban memang mencari racun di rumahnya dengan alasan untuk membunuh biawak yang kerap memangsa ayam ternak di kebunnya.

Ambo Lau (40) ditemukan tewas pada pukul 14.30 Wita oleh salah seorang petani lainnya, Surdi (50). Saat ditemukan, korban telah terkapar di pagar kebunnya dengan kondisi mulut berbusa.

Polisi yang menerima laporan langsung mendatangi lokasi dan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP). Polisi juga mengamankan satu botol racun jenis Fordan di sekitar jasad korban.

"Kebunku bersebelahan dengan kebunnya, dan saya kaget lihat dia tidur di tanah ternyata sudah meninggal," kata Suardi.

Jasad Ambo kemudian dibawa ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat. Setelah itu, jasad Ambo dibawa ke rumah duka lantaran pihak keluarga menolak untuk otopsi.

Polisi sendiri yang dikonfirmasi terkait peristiwa ini hanya membenarkan dan mengaku telah menyerahkan jenazah korban kepada pihak keluarga setelah mendapatkan surat penolakan otopsi.

Polisi menduga Ambo murni bunuh diri lantaran tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada tubuhnya.

"Dugaan sementara murni bunuh diri dan keluarga menolak otopsi. Penyebabnya sendiri belum kami ketahui. Hanya saja, sebelum ke kebun, korban memang pamit dan cari racun dengan alasan mau racuni biawak di kebunnya," jelas AKP Suardi Sukardi, kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Mare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com