Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Beringin Berusia Ratusan Tahun Roboh Timpa Ruko, 2 Orang Tewas

Kompas.com - 30/03/2016, 18:52 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Angin kencang disertai hujan lebat yang melanda Yogyakarta menyebabkan pohon beringin berukuran besar dan berusia ratusan tahun di pintu keluar Kebun Binatang Gembira Loka roboh menimpa ruko pedagang oleh-oleh.

Akibatnya, dua orang tewas dan beberapa lainnya mengalami luka.

Samijo, pedagang oleh-oleh di kios nomor 12 Gembira Loka menjelaskan, awalnya sekitar pukul 15.30 WIB terjadi hujan deras. Tak lama kemudian disusul angin kencang.

"Kami (para pemilik ruko) langsung berlari ke utara, karena ada suara krek krek dari randu alas (beringin) yang terkena angin," ujar Samijo saat ditemui Kompas.com di area oleh-oleh Kebun Binatang Gembira Loka, Rabu (30/03/2016).

Tak lama kemudian, lanjut Samijo, tiba-tiba pohon tua itu roboh dan menimpa beberapa rumah toko (ruko). Seorang pengunjung dan pemilik ruko nomor 11 tertimpa pohon.

"Langsung ambruk, menimpa ruko-ruko itu. Setahu saya yang meninggal Bu Barokah, pemilik ruko nomor 11. Lalu satu lagi, tapi mungkin pemgunjung. Lalu beberapa pengunjung ada yang luka-luka ditandu tadi," tegasnya.

Menurut dia, saat kejadian, ibu Barokah berusaha menyelamatkan diri. Ia berlari ke barat namun tertimpa pohon.

"Sedang lari menyelamatkan diri, tapi kurang jauh dan tertimpa," tandasnya.

Menurutnya, pohon yang ambruk sudah berusia ratusan tahun dan berukuran sangat besar. Bahkan pohon tersebut sudah ada sebelum Kebun Binatang Gembira Loka dibangun.

"Sudah lama, ya ratusan tahun mungkin. Wong sebelum ini (Gembira Loka) sudah ada," ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Kota Yogyakarta Kombes Pol Prihartono Eling Lelakon menambahkan, total ada enam orang korban. Saat ini telah dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

"Ada enam tapi ini data sementara, kita belum tahu pasti jumlahnya. Tadi langsung dibawa ke rumah sakit," urainya.

Sampai saat ini, tim SAR, relawan dan kepolisian masih mengevakuasi pohon tumbang di area pedagang oleh-oleh Kebun Binatang Gembira Loka Kota Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com