Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Babaranjang Anjlok, Ratusan Penumpang dari Palembang Batal Berangkat

Kompas.com - 28/03/2016, 06:48 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kereta api Babaranjang anjlok di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Minggu (27/3/2016). 

Meski tidak ada korban jiwa, anjloknya kereta angkutan batu bara ini menyebabkan terhambatnya arus lalu lintas kereta. Akibatnya, keberangkatan ratusan penumpang dari Stasiun Kertapati Palembang menuju Tanjang Karang Lampung terpaksa dibatalkan. Seharusnya mereka berangkat pukul 21.00 WIB.

Petugas stasiun memberikan pemberitahuan dan tiket penumpang akan dikembalikan sesuai tarif pembelian. Ratusan penumpang pun langsung antre di loket stasiun untuk melakukan penukaran tiket.

Sedangkan untuk pemberangkatan penumpang tujuan Lubuk Linggau tetap diberangkatkan.

Sebagian penumpang yang batal berangkat, beralih ke angkutan travel untuk menuju ke Lampung. Namun sebagian lainnya kembali ke rumah kerabat dan keluarganya di Palembang.

"Terpaksa naik travel, karena besok ada kegiatan di Lampung yang tidak bisa ditinggalkan. Memang ongkos travel sedikit mahal yakni Rp 180.000, tapi harus bagaimana lagi. Saya tahu batal berangkat setelah sampai di stasiun," ujar Tholib, salah seorang penumpang yang batal berangkat ke Lampung.

Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel Jaka Jakarsih mengatakan, pemberangkatan penumpang untuk keberangkatan malem hari terpaksa dibatalkan lantaran adanya KA Babaranjang yang anjok.

"Tiket penumpang dikembalikan 100 persen sesuai harga tiket. Penumpang yang batal berangkat hanya tujuan Tanjang Karang Lampung. Sedangkan untuk keberangkatan tujuan Lubuk Linggau tetap jalan sesuai jadwalnya," ujar Jaka.

Dia mengatakan,  jumlah penumpang yang dibatalkan pemberangkannya untuk tujuan Tanjung Karang Lampung ada 200-an penumpang dari jumlah empat rangkaian gerbong penumpang.

Sedangkan jumlah penumpang dari Lampung yang terhenti di wilayah Baturaja ada 312 penumpang.

"Penumpang dari Tanjung Karang Lampung sudah dipindahkan dan diangkut menggunakan sebanyak 12 bus. Semuanya terkendali dan penumpang akan diantarkan sesuai tujuannya sampai ke Palembang," ujarnya.

Mengenai proses evakuasi di lokasi anjloknya KA Babaranjang, Jaka mengatakan, petugas PT KAI di lapangan masih dalam melakukan evakuasi. Alat berat dkerahkan agar proses evakuasi berjalan cepat dan lancar.

"Mudah-mudahan pemberangkatan penumpang untuk besok pagi kembali normal. Karena yang anjlok KA babaranjang tanpa muatan. Pastinya proses evakuasi akan secepatnya dilakukan agar jadwal pemberangkatan penumpang kembali normal seperti biasanya," ujarnya. (Welly Hadinata)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com