Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau ke Malang, Mensos Mampir Besuk Gus Solah di Surabaya

Kompas.com - 13/03/2016, 13:09 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Minggu (13/3/2016), membesuk KH Salahuddin Wahid di RSU Dr Sotomo, Surabaya, Jawa Timur, di sela perjalanan dari Jakarta menuju Kota Malang, Jawa Timur.

Gus Solah—panggilan Salahuddin—dijadwalkan menjalani operasi pada Rabu (16/3/2016).

“Sepulang dari Jakarta (pada pekan lalu), ada gangguan terkait asam lambung, dibawa ke sini, dan dokter menyampaikan harus ada tindakan,” kata Farida, istri Gus Solah, yang turut menyambut Khofifah dan rombongan di rumah sakit.

Gus Solah adalah adik almarhum mantan Presiden Abdurrahman Wahid, yang juga tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan pemimpin Pondok Pesantren Tebu Ireng. Adapun Khofifah adalah salah satu sosok politisi dan tokoh perempuan yang lahir dari NU.

Saat dibesuk, Gus Solah berdialog panjang dengan Khofifah dan rombongan, sekalipun sembari berbaring di ranjang. Topik pembicaraan pun tak melulu soal kesehatan Gus Solah.

“Kalau mau tahu wajah Islam moderat, datanglah ke Tebu Ireng ini,” ujar Khofifah kepada rombongannya, di depan Gus Solah.

Dengan anggukan membenarkan dari Gus Solah, Khofifah menyebutkan pesantren itu sudah biasa menjamu tamu dari kalangan pemuka agama lain, pun akademisi terkemuka dari luar negeri yang mempelajari topik itu.

Bahkan, dialog pun sempat membahas resep usia pernikahan awet, ketika terceletuk pasangan Gus Solah sudah menikah selama 48 tahun.

Sementara itu, di Kota Malang, Khofifah akan meletakkan batu pertama program perbaikan rumah tak layak huni, salah satu program unggulan kementeriannya. Di wilayah tersebut, ada 55 kepala keluarga akan menerima bantuan program ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com