Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Hektar Lahan di Dekat Bandara Dumai Terbakar

Kompas.com - 05/03/2016, 19:06 WIB
DUMAI, KOMPAS.com- Petugas gabungan TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan masyarakat berusaha memadamkan kebakaran yang melanda puluhan hektar lahan di dekat Bandar Udara Pinang Kampai, Kota Dumai, Provinsi Riau.

"Belum tahu berapa luas kebakarannya, tapi prediksi saya puluhan hektar," kata Kepala BPBD Kota Dumai Tengku Ismed dihubungi Antara dari Pekanbaru, Sabtu (5/3/2016).

Ia mengatakan, petugas gabungan masih terus berusaha memadamkan api di lahan yang hanya berjarak sekitar satu kilometer dari pagar luar bandara tersebut.

Dia menambahkan kebakaran lahan itu baru terjadi pada Sabtu ini.

"Memang sebelumnya sempat ada kebakaran di lokasi yang sama. Tapi berhasil dipadamkan, mungkin karena lahan yang terbakar adalah gambut, jadi kembali terbakar hebat seperti ini," dia menjelaskan.

Menurutnya, kesulitan yang dihadapi petugas di lapangan adalah sulitnya akses menuju lokasi kebakaran, serta cuaca yang cukup terik.

Untuk itu, ia telah mencoba menghubungi BPBD Provinsi Riau untuk mengirimkan helikopter guna melakukan waterbombing.

"Selain memadamkan api, kita juga masih berupaya mengumpulkan informasi titik sumber air terdekat," ujarnya.

Hingga saat ini, dua kabupaten telah menetapkan status siaga kebakaran lahan dan hutan yakni Bengkalis dan Meranti. Kota Dumai dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk menetapkan status serupa.

Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menegaskan, pemerintah setempat akan memaksimalkan sumber daya yang ada untuk memadamkan kebakaran lahan di sejumlah wilayah itu.

"Kita maksimalkan dulu sumber daya yang ada sebelum mengajukan bantuan ke pusat. Selain itu, saat ini baru dua daerah yang menetapkan siaga darurat kebakaran lahan. Mungkin jika ada dua lagi daerah yang menetapkan status yang sama, akan kita pertimbangkan pengajuan bantuan ke pusat," ujar dia.

Lebih jauh, dia mengatakan saat ini Riau masih memiliki anggaran sekitar Rp100 miliar yang tersebar di beberapa SKPD yang dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi kebakaran lahan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com