Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelapkan Uang Pengurusan Izin SPBU, Buronan Pontianak Ditangkap di Bogor

Kompas.com - 05/03/2016, 16:43 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Satuan Reserse Kriminal Polresta Pontianak menangkap AN (41), tersangka tindak pidana penggelapan uang senilai Rp 1,7 miliar di wilayah Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/3/2016) sekitar pukul 23.00 WIB.

Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Andi Yul mengungkapkan, penangkapan tersangka berdasarkan laporan LP/2699/X/2015/Kalbar/Resta Pontianak pada 15 Oktober 2015.

Dalam penangkapan tersangka, pihaknya di-back up oleh tim IT dari Bareskrim Mabes Polri. "Tersangka menjanjikan korbannya jika dia bisa mengurus izin pembukaan SPBU," kata Andi Yul, Sabtu (5/3/2016).

Termakan janji tersebut, korban pun menyerahkan uang berjumlah total Rp 1,7 miliar dengan harapan pengurusan izin berjalan dengan lancar.

"Pelaku menggunakan uang tersebut untuk keperluan pribadinya sehingga akhirnya korban melaporkan ke Mapolresta," jelas Andi.

Dalam proses penyidikan, kata Andi, tidak ada hambatan dan telah dinyatakan lengkap oleh jaksa penuntut umum (JPU) dan melanjutkan proses hingga tahap II.

"Namun, pelaku tidak dapat dihubungi sehingga akhirnya Tim Jatanras melakukan pencarian dan akhirnya tersangka berhasil ditangkap di Bogor," katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka akan menjalani proses hukum selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com