Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 1,5 Jam, Kebakaran Kompleks Pasar Johar Teratasi

Kompas.com - 28/02/2016, 02:44 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Petugas pemadam kebakaran tidak membutuhkan waktu lama untuk memadamkan Pasar Yaik Baru, yang satu kompleks dengan pasar Johar Kota Semarang, Jawa Tengah, yang terbakar pada Sabtu (27/2/2015) malam. Kurang dari dua jam, kebakaran berhasil di atasi.

Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang Sumarsono mengatakan, ada 14 mobil Damkar yang diturunkan untuk mengatasi si jago merah.

Kebakaran yang semula terjadi pukul 20.30 WIB tersebut berhasil diatasi pada pukul 22.00 WIB. Ada enam hingga tujuh kios yang ludes terbakar.

"Ada sekitar enam kios yang terbakar. Tapi kini sudah padam," ujar Sumarsono, di lokasi kebakaran.

Petugas masih belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Namun yang pasti, menurut keterangan para pedangan, kebakaran terjadi di area tengah pasar di tempat penjualan pakaian.

Pemadaman dalam waktu cepat tersebut berhasil dilakukan lantaran Damkar Semarang dibantu petugas dari Instansi lain, yang kebetulan melakukan Jambore di Semarang.

"Kebetulan dibantu petugas Damkar dari Yogyakarta, Kendal dan Kabupaten Semarang yang tadi sore ada jambore di sini. Jadi bisa lebih cepat," ujar dia.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu yang sempat mendatangi lokasi kebakaran meminta para pedagang yang terbakar untuk bisa tabah.

Untuk langkah ke depan, pihaknya meminta Dinas Pasar untuk menyiapkan tempat para pedagang yang berbakar. Hal tersebut setelah dicek tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, hanya beberapa kios pakaian yang hangus terbakar.

"Kami akan segera koordinasi agar pedagang bisa tertampung misalnya di pasar sementara di MAJT, agar mereka bisa melakukan aktivitasnya kembali," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com