Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Burung di Taman Nasional, 3 Orang Ditangkap

Kompas.com - 24/02/2016, 20:02 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Petugas patroli Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) mengamankan tiga pelaku pemburu burung. Mereka adalah Eko, Sayuti, dan Uus, diamankan di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), tepatnya di kawasan Sungai Landak, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Dari pelaku, petugas mengamankan barang bukti 15 ekor burung, di antaranya 3 ekor murai daun, 11 ekor murai ranting, dan seekor sirih-sirih.

"Mereka kita amankan saat melakukan perburuan di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser yang terlarang untuk melakukan aktivitas," kata Kepala Balai Besar TNGL, Andi Basrul, Rabu (24/2/2016).

Dari pengakuan para pelaku, mereka berdalih tidak mengetahui wilayah itu dilarang memburu burung. Padahal pihak BBTNGL selalu melakukan sosialisasi dan memasang sejumlah petunjuk serta pamflet larangan.

"Para pelaku masih kita lakukan pemeriksaan. Mereka diancam dengan UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," katanya.

Salah seorang pelaku Sayuti, mengaku, telah tiga kali berburu burung di TNGL dengan perburuan menggunakan cara di pikat dengan burung lain.

"Burung hasil buruan saya jual seharga Rp 50.000 per ekor. Seminggu dapat 10 sampai 15 ekor. Kami jual kepada siapa yang mau," ucap Sayuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com