Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Masuk Bursa Cagub Jawa Timur yang Diusung PDIP

Kompas.com - 19/01/2016, 20:31 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Nama Wali Kota Surabaya terpilih Tri Rismaharini tidak hanya disebut-sebut sebagai figur yang akan diusung PDI-P pada pemilihan DKI tahun depan.

Nama Risma juga muncul di kandidat nama calon gubernur yang akan diusung PDI-P dalam pemilihan Gubernur Jatim 2018 nanti.

Selain nama Risma, terdapat beberapa nama dari kalangan kader internal dan non-kader seperti, Bupati Banyuwangi terpilih, Abdullah Azwar Anas, Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, mantan Sekjen PDIP Pramono Anung, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah dan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf.

"Nama-nama tersebut masih akan digodok melalui mekanisme internal partai," kata anggota Badan Pemenangan Pilkada DPD PDIP Jatim, Giyanto, Selasa (19/1/2016).

Yang pasti, PDIP menganggap Pilgub Jatim nanti adalah momentum penting untuk merebut kemenangan sebagaimana amanat Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas di Jakarta.

"Tahun ini kita mulai konsolidasi internal untuk menyiapkan sistem penjaringan calon gubernur," tambahnya.

Di Jatim, kata Giyanto, PDI Perjuangan memiliki modal 19 kursi di parlemen. Jadi dipastikan akan berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung calon gubernur dan wakil gubernur Jatim.

Risma disebut-sebut akan menjadi salah satu calon Gubernur DKI dalam Rakernas PDIP pekan lalu di Jakarta.

Jika benar Risma masuk dalam bursa cagub, maka kemungkinan besar ia akan bersaing dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang diperkirakan melaju via jalur independen dalam Pilkada DKI 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com