Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapindo Klaim Urusan dengan Warga Sekitar Pengeboran Sudah Beres

Kompas.com - 09/01/2016, 16:45 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Manajemen Lapindo Brantas Inc akan terus melakukan aktivitas pengeborannya sesuai target pekerjaan yang telah dibuat.

Lapindo mengklaim, urusan dengan warga sudah selesai.

Public Relation Manager Lapindo Brantas Inc, Arif Setya Widodo, mengatakan, perusahaannya bahkan sudah membuat perjanjian bersama warga di hadapan notaris.

Perjanjian itu terkait aktivitas pengeboran di Sumur Tanggulangin I di perbatasan Desa Banjarsari dan Kedungbanteng.

"Memang ada sekelompok warga yang sempat menolak, tetapi sekarang sudah menerima. Kami sudah buat MoU (nota kesepahaman)," kata Arif, Sabtu (9/1/2016).

MoU itu, kata Arif, disertai jaminan jika terjadi sesuatu dengan aktivitas pengeboran. Jika berakibat fatal bagi lahan di sekitar pengeboran, kerugian warga akan diganti.

"Sosialisasi kepada warga sekitar sudah dilakukan sejak beberapa tahun sebelumnya. Sosialisasi juga melibatkan Pemkab Sidoarjo dan SKK Migas," ujarnya.

Namun, hal berbeda diungkap warga sekitar. Kemarin, warga dari dua desa di Kecamatan Tanggulangin itu mengaku hanya mengetahui jika hanya akan ada aktivitas pengurukan, bukan pengeboran.

Warga dua desa juga mengaku telah mendapat kompensasi atas aktivitas pengurukan yang dilakukan sejak tiga hari lalu itu.

Kompensasi yang didapat warga Banjarsari sebesar Rp 135.000 per kepala keluarga, sementara warga Kedungbanteng mendapat 10 kilogram beras dan 1,5 kilogram gula.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com