Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: KPK Jangan Hanya Urus Tangkap Tangan

Kompas.com - 29/12/2015, 10:10 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo meresmikan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kuningan, Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Alunan harapan terlontar dari sejumlah tokoh agar berdirinya gedung baru bisa meningkatkan kualitas kinerja lembaga antirasuah itu. Harapan itu pun terucap dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Dia meminta agar pimpinan baru KPK lebih mengedepankan kampanye pencegahan korupsi.

"Saya harap pimpinan baru KPK meningkatkan penguatan pencegahan korupsinya, bukan penindakannya saja," kata Emil, sapaan akrabnya, di Bandung, Selasa (29/12/2015).

Dia berpendapat, keberhasilan KPK tidak hanya dilihat dari seberapa banyak penindakan, tetapi seberapa aktif KPK dapat mengubah kultur korupsi.

"KPK jangan hanya urusan tangkap tangan atau post crime, tetapi juga perkuat pencegahan. Saya kira korupsi itu kekuatannya bukan hanya kampanye berapa kasus terungkap. Justru seberapa bagus dan sistematis mengurangi kultur itu," katanya.

Sebagai masyarakat, lanjut Emil, dia berharap kinerja pimpinan baru KPK bisa lebih baik dari sebelumnya.

"Tentunya masyarakat ingin melihat kinerjanya, jadi saya enggak bisa berkomentar terlalu jauh, kecuali memberikan harapan agar prestasinya lebih baik dari pemimpin yang sebelumnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com