Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang 11 Tahun Tsunami, Warga Aceh Unggah Foto Keluarga yang Hilang

Kompas.com - 26/12/2015, 10:54 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com — Sebelas tahun sudah musibah tsunami Aceh berlalu, tepatnya pada 26 Desember 2004.

Mengenang peristiwa yang memilukan itu, banyak warga Aceh yang meluapkan kenangannya akan anggota keluarga yang menjadi korban dalam peristiwa yang meluluhlantakkan Kota Banda Aceh itu.

Mereka mengunggah foto hingga menuliskan kenangan mereka akan sosok anggota keluarga tercinta mereka di akun media sosial.

"Sampai saat ini kami tak tahu di mana jasadmu adinda kami, semoga Allah mengampuni dosa-dosamu," tulis Anwar Ebtadi melalui akun Facebooknya.

Hal serupa juga dilakukan Teuku Kamal Sulaiman. Dia menuliskan kenangan 11 tahun silam ketika kehilangan sang istri. Kamal pun tak kuasa menahan haru kala sang anak kerap menanyakan kubur ibunya, yang tak pernah ditemukan itu.

Di media sosial lain, seperti Instagram, para pengguna juga mengunggah banyak foto, baik tentang parahnya bencana masa tersebut, maupun tentang bangunan kokoh Museum Tsunami yang kini didirikan di ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh.

Bagi masyarakat Aceh, 26 Desember merupakan hari bersejarah ketika sebuah bencana alam terdahsyat terjadi sekitar pukul 08.00 pagi WIB.

Gempa berkekuatan 8,9 SR mengguncang pesisir Aceh disusul dua kali gelombang tsunami dahsyat yang menyapu habis sebagian wilayah itu. Total, lebih dari 100.000 orang dinyatakan tewas dalam bencana alam tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com