Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Natal dan Tahun Baru, Polres Ambon Kerahkan 900 Personel

Kompas.com - 22/12/2015, 20:15 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 900 personel Polda Maluku akan dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal dan malam Tahun Baru 2016 di Maluku.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan sandi Operasi Lilin 2016 ini juga akan melibatkan aparat TNI.

“Kalau dari Polda Maluku itu ada 900 personel. Nanti ditambah dengan aparat TNI jadi jumlahnya ada seribu lebih yang diterjunkan dalam pengamanan nanti,” kata Pjs Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Sulaiman Waliulu kepada wartawan, Selasa (22/12/2015).

Menurutnya, dari 900 personel polisi yang diterjunkan itu, sebanyak 257 personel akan ditugaskan khusus untuk menjaga gereja-gereja di Kota Ambon.

“Sesuai sprint (surat perintah) Kapolda itu, ada 275 personil yang akan ditugaskan khusus untuk mengamankan setiap gereja yang ada di Kota Ambon, jadi dari 257 personel itu 115 personel dari Polres Pulau Ambon dan sisanya dari Polda,” katanya.

Dia mengatakan, untuk memastikan kesiapan personel pengamanan, Polda Maluku akan melakukan gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Lapangan Merdeka Ambon pada Rabu (23/12/2015).

Sementara itu, untuk memastikan agar Natal dan pergantian tahun berjalan lancar, Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease juga membentuk 22 pos pelayanan di setiap pusat perbelanjaan, gereja, bandara, dan tempat-tempat wisata.

“Kami akan melakukan patroli secara rutin. Patroli keliling di mulai sejak malam ini. Personel yang kami libatkan secara gabungan yakni, TNI/Polri, Dishub dan Satpol PP,” ujar Kabag Ops Polres Ambon, AKP Bakhri Hehanussa.

Untuk menjaga ketertiban di malam Natal, lanjut Bakhri, polisi akan mencegah konvoi warga. Polisi akan melakukan penyekatan di sejumlah kawasan saat malam Natal tiba.

”Hal ini kita lakukan agar perayaan Natal dapat berjalan aman, lancar dan tertib. Kita harapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya (K54-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com