Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berseragam Pink, Lima Pria Anggota PPK Disebut "Pinky Boy"

Kompas.com - 16/12/2015, 15:45 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang Tahun 2015 Tingkat Kabupaten yang digelar di ruang rapat Banggar DPRD Kabupaten Semarang, Rabu (16/12/2015) siang, tiba-tiba gaduh.

Hal itu terjadi saat tiba kesempatan bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pabelan membacakan hasil rekapitulasi perolehan suara.

Lima laki-laki anggota PPK yang semuanya laki-laki kompak memakai kemeja warna pink. Mereka lalu mendapatkan sambutan paling meriah dibanding 18 PPK lainnya.

"Pinky boy!," teriak beberapa yang hadir di ruangan itu ditimpali derai tawa lainnya.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Bambang Setiono, anggota Divisi kampanye dan hukum PPK Pabelan. Pasalnya, dia memiliki postur paling tambun.

"Sejak seragam ini dipakai dan kita upload di web KPU, kita langsung dipanggil Pinky Boy," kata Bambang.

Awalnya warna merah muda dipilih sebagai seragam PPK Pabelan untuk membedakan dengan PPK lainnya. Namun dalam perjalanannya, warna pink ini banyak membantu tugas-tugas PPK, khususnya dalam sosialisasi Pilkada.

"Saya yang milih warnanya. Biar beda dengan PPK lainnya. Karena tiap PPK dibebaskan dalam menentukan model seragamnya," timpal Musta'in dari Divisi Sosialisasi PPK Pabelan.

Setelah menjadi ciri khas, seragam PPK warna pink ternyata juga membawa hoki. Banyak perempuan yang lantas tertarik untuk mengikuti sosialisasi Pilkada sehingga berujung pada tingkat kehadiran pemilih pada hari pencoblosan hari H.

"Alhamdulillah partisipasi mencapai 72%, lebih tinggi dari rata-rata kabupaten. Bahkan di desa Sumberejo mencapai 85%, sebagian besar pemilih perempuan" tambah Bambang.

Berdasarkan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang Tahun 2015 untuk wilayah kecamatan Pabelan, dari jumlah pemilih sebanyak 32.025 jiwa, yang menggunakan hak pilih nya mencapai 23.151 jiwa.

"Di kecamatan Pabelan perolehan suara pasangan Mundjirin-Ngesti Nugrah (Mukti) 16.537, pasangan Nurjatmiko-Mas'ud Ridwan 5.104 suara," imbuh Bambang.

Pada penghujung acara, setelah ketua KPU Kabupaten Semarang membacakan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang Tahun 2015 Tingkat Kabupaten, popularitas Pinky Boy kembali teruji. Banyak anggota PPK lainnya berebut untuk berfoto bersama.

"Ayo mas-mas Pinky Boy, foto dulu," ujar Ridlo Pakina, anggota KPU Kabupaten Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com