Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada di Hilir Citarum, 5 Kecamatan di Bekasi Rawan Banjir

Kompas.com - 04/12/2015, 08:13 WIB
BEKASI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mencatat sebanyak lima kecamatan di wilayah setempat rawan dilanda banjir akibat luapan Sungai Citarum.

"Sebab kelima kecamatan itu terletak di hilir Sungai Citarum," kata Wakil Bupati Bekasi Rohim Mintareja di Cikarang, Kamis (3/12/2015).

Luapan Sungai Citarum yang menggenangi ribuan rumah penduduk di sekitar bantaran biasanya diakibatkan air kiriman dari Bandung dan Bogor.

Adapun kelima kecamatan itu di antaranya Kecamatan Muaragembong, Kecamatan Cabangbungin, Kecamatan Tarumajaya, Kecamatan Cikarang Pusat, Kecamatan Cikarang Timur.

Menurut Rohim, pihaknya saat ini telah siap mengantisipasi banjir selama musim hujan yang diprediksi mencapai puncaknya pada Desember dan Januari.

"Kami sudah sangat siap, di mana perlatan seperti tenda, mobil dapur umum, perahu karet juga telah disiagakan," katanya.

Rohim juga mengklaim petugas telah siap dalam membantu korban banjir karena telah menghadapi musibah banjir dari tahun ke tahun.

"Ada ratusan personel gabungan dari kepolisian, TNI, dan relawan yang kita libatkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com