Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imba-Bobby Kembali Dianulir, Surat Suara Telanjur Dicetak

Kompas.com - 25/11/2015, 14:48 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Pasangan calon walikota dan wakil walikota Manado Jimmy Rimba Rogi dan Bobby Daud (Imba-Bobby) kembali dianulir sebagai peserta Pilkada Manado (Baca juga: KPU Coret Lagi Jimmy Rimba-Bobby Daud).

Ketua Sementara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manado Jusuf Wowor mengatakan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti perintah KPU RI. Wowor dipilih sebagai ketua setelah Eugenius Paransi diberhentikan oleh KPU.

"Kami telah menindaklanjuti semua perintah KPU Sulut," kata Wowor, Rabu (25/11/2015).

Penganuliran pasangan Imba-Bobby dilakukan setelah sebelumnya pasangan ini dinyatakan sah sebagai peserta Pilkada Manado. Pekan sebelumnya, mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat atas dasar rekomendasi Bawaslu Sulut.

Ketua KPU Sulut Yessy Momongan membenarkan bahwa pihaknya telah mendapat laporan dari KPU Manado terkait tindak lanjut surat dari mereka. Walau sudah dibatalkan, namun nama pasangan Imba-Bobby sudah terlanjur tercetak di kertas suara.

Menurut Wowor, kondisi itu akan dikonsultasikan dengan KPU Pusat. Menjelang sore, kondisi Manado dalam keadaan aman walau aparat kepolisian terus bersiaga.

Sebelumnya, massa pendukung Imba-Bobby melakukan demo besar-besaran sewaktu pasangan ini dianulir pertama kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com