Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Kalla Ingatkan Merawat Damai Jauh Lebih Penting

Kompas.com - 15/11/2015, 14:46 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com – Hadir memperingati 10 tahun perdamaian di Aceh, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan kembali akan jalan panjang dan berliku yang ditempuh para perunding untuk memperoleh kesepakatan damai di Aceh.

Di hadapan pejabat pemerintah dan masyarakat Aceh, Jusuf Kalla mengatakan masa damai yang sudah dirasakan masyarakat Aceh dalam sepuluh tahun terakhir jauh lebih penting dari apapun.

“Karena proses meraihnya juga susah. Berkali-kali perundingan dilakukan selalu gagal, dan hingga akahirnya satu kata sepakat diambil saat penandatanganan kesepakatan damai di Helsinki,” ujar Jusuf Kalla pada peringatan 10 tahun Damai Aceh di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Minggu (15/11/2015).

Menurut Kalla, kegagalan dalam beberapa kali perundingan antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka disebabkan tidak kuatnya isi perundangan yang mengikat.

“Oleh karena itu saat penandatanganan MoU Helsinki, kita menguatkan isi perjanjian dengan menjadikannya undang-undang yaitu Undang-undang Pemerintahan Aceh,” tegas Kalla.

Diakui Jusuf Kalla, beberapa hal yang menjadi turunan UU tersebut belum terimplementasi dengan baik. Di antaranya regulasi terkait badan pertanahan dan kewenangan Aceh di tingkat nasional.

“Saya meyakinkan bahwa ini akan segera tuntas, pemerintah akan menyelesaikan hal ini sesegera mungkin, yang penting adalah menjaga perdamaian bukan hanya tugas pemerintah tapi juga membutuhkan kerjasama yang baik dari masyarakat,” katanya.

Kalla mengibaratkan menjaga perdamaian Aceh ibarat sepasang manusia menjaga tali perkawinannya. Di mana satu sama lain harus saling mendukung dan memahami.

“Masalah dan tantangan pasti datang silih berganti tapi bagaimana kebersamaan dan saling percaya bisa menjadi solusi dari masalah yang ada,” sebut Kalla.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com