Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Juta Warga Jateng Masih Buang Air Besar di Sembarang Tempat

Kompas.com - 12/11/2015, 15:18 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Sebanyak 55 juta jiwa penduduk Indonesia masih membuang air besar di sembarang tempat. 10 juta di antaranya adalah masyarakat Jawa Tengah.

Data itu diungkapkan Kepala sub bidang Higienis, Sanitasi, dan Penyakit Dirjen Kementerian Kesehatan, Mahmud Yunus di Kendal, Jawa Tengah, Kamis (12/11/2015).

Menurut Yunus, secara nasional ada 4.586 desa yang warganya sudah berhenti membuang air besar di sembarang tempat. Padahal, jumlah desa di Indonesia ada 80.276.

"Secara nasional, tahun ini kami menargetkan ada 25.537 desa, yang sudah stop buang air besar di sembarang tempat," kata Yunus.

Yunus lalu mengimbau kepada semua pihak untuk turut mengampanyekan gerakan stop buang air besar di sembarang tempat.

Sementara itu, Kepala bidang Pengandalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kendal, Sri Handoyo pun mengatakan persoalan ini masih menjadi permasalahan di Kabupaten Kendal.

Melalui Program STBM (Sanitasi Total Berbasis Mayarakat),  Handoyo berharap masyarakat bisa berperilaku sehat. Salah satu indikatornya adalah membuang air besar di jamban yang layak.

"ODF (open defecation free) adalah salah satu tujuan dari program STBM, di mana komunitas atau desa telah melakukan buang air besar tidak di sembarangan tempat," kata dia.

 
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com