Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Pak Ridwan Kamil Jadi Konsultan di Bagian Mana?

Kompas.com - 09/11/2015, 18:12 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku tidak tahu bahwa Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pernah menjadi konsultan tata kota untuk Surabaya pada era Wali Kota Bambang Dwi Hartono.

Risma tidak menemukan nama Ridwan Kamil sebagai konsultan resmi di tiga jenjang perencanaan yang diatur undang-undang dalam merencanakan pembangunan tata ruang kota.

Menurut Risma, tata ruang Kota Surabaya disesuaikan berdasarkan tiga jenjang acuan. Pertama, rencana tata ruang dan wilayah (RTRW), rencana detail tata ruang kota, dan rencana teknis tata ruang kota.

"Pak Ridwan Kamil menjadi konsultan di bagian mana?" kata Risma, Senin (9/11/2015).

Nama pria yang kerap disapa Emil itu juga tidak muncul di APBD Kota Surabaya saat itu sebagai konsultan tata ruang.

"Saya harusnya tahu, wong saat itu saya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya kok," ungkap Risma.

Sementara itu, mantan staf ahli Wali Kota Surabaya Bambang Dwi Hartono, Jamhadi, menjelaskan, Pemkot Surabaya memakai jasa pria yang saat ini menjabat Wali Kota Bandung itu secara resmi pada periode kedua kepemimpinan Bambang DH pada 2005. 

Saat itu, kata Jamhadi, Ridwan Kamil dan Bambang DH membuat program Surabaya Vision Plan bersama perusahaan konsultan tata ruang yang berpusat di Amerika Serikat. 

"Saya masih ingat saat itu digelar seminar soal Surabaya Vision Plan. Semua stakeholder-nya diundang, termasuk dari Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya," kata pria yang saat ini menjabat Ketua Kadin Surabaya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com