Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Erupsi Gunung Barujari, Penerbangan Solo-Bali Ditutup Sehari

Kompas.com - 04/11/2015, 22:22 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Rute penerbangan Solo-Bali di Bandara Adisumarmo, Solo, untuk sementara ditutup.

Penangguhan penerbangan tersebut disebabkan penutupan Bandara Internasional Ngurah Rai akibat erupsi Gunung Barujari, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Calon penumpang pun direpotkan untuk mencari alat transportasi lain menuju Bali.

General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Adisumarmo, Abdullah Usman, menjelaskan sesuai dengan kondisi terkini di Bandara Internasional Ngurah Rai yang ditutup karena meletusnya anak gunung Rinjani, Gunung Burujari, NTB, penerbangan rute dari Solo ke Bali, ditutup selama satu hari.

"Sebetulnya rencana akan dibuka tadi pagi, tapi ada pemberitahuan selanjutnya, close diperpanjang 24 jam lagi," kata Abdullah, Rabu (4/11/2015).

Akibat penutupan rute Solo-Bali tersebut, banyak calon penumpang yang sudah datang di Bandara Adisumarmo, Solo, terpaksa beralih ke moda transportasi lain atau menggunakan maskapai lain dengan tujuan kota Surabaya.

"Kemarin dapat SMS dari AirAsia, kalau penerbangan di-cancel, jadi saya ya saya beralih ke penerbangan ke Surabaya," kata Emy Rupawati, seorang calon penumpang.

Seperti diketahui, Gunung Barujari di NTB mengalami erupsi dan mengeluarkan debu vulkanik yang berbahaya bagi penerbangan. Sejumlah bandara di sekitarnya pun ditutup sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com