Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras sejak Senin, Banjir Landa Sejumlah Daerah di Aceh

Kompas.com - 28/10/2015, 16:42 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

ACEH, KOMPAS.com — Akibat guyuran hujan dengan intensitas tinggi, sejumlah daerah di kawasan barat dan selatan Aceh dilanda banjir.

Di Kabupaten Aceh Barat, empat unit rumah warga hanyut terseret arus air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Meulaboh, Aceh Barat, Saiful AB mengatakan, banjir melanda Desa Canggai, Kecamatan Pante Ceremen, Aceh Barat.

Sementara dua unit rumah warga lainnya berhasil diselamatkan dari arus air dengan memindahkan rumah tersebut ke lokasi yang jauh dari tepi sungai.

“BPBD juga melakukan pelurusan arus sungai sehingga arus sungai tidak menerjang permukiman penduduk,” ujar Saiful, Rabu (28/10/2015).

Sementara itu, sebanyak 43 kepala keluarga warga Kecamatan Trumon Tengah dan Timur, Kabupaten Aceh Selatan, mengungsi akibat banjir melanda wilayah itu sejak Selasa pagi.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Selatan sejak Senin malam sampai Selasa (27/10/2015) pagi mengakibatkan sebagian wilayah itu dilanda banjir.

Rumah penduduk tergenang air dengan ketinggian mencapai 40-70 sentimeter.

Banjir itu terjadi akibat meluapnya Sungai Singkil dan kiriman banjir dari Sungai Alas dari Kabupaten Aceh Tenggara.

Kepala BPBD Aceh Selatan Erwiandi mengatakan, personel BPBD Aceh Selatan menerjunkan perahu karet untuk membantu mengevakuasi warga.

Warga korban banjir sudah menerima bantuan masa panik dari Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan.

Saat ini pengungsi yang bertahan di tenda pengungsian berjumlah 21 KK atau sebanyak 81 jiwa, dan berasal dari Desa Lhokraya, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com