Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAMMI Kalbar: Setahun Pemerintahan Jokowi, 12 Kemalangan untuk Rakyat Indonesia

Kompas.com - 20/10/2015, 21:18 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com — Puluhan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalimantan Barat menggelar unjuk rasa memperingati satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) di Bundaran Digulis, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Selasa (20/10/2015).

Dalam aksinya, KAMMI menguraikan 12 kemalangan rakyat Indonesia dalam satu tahun pemerintahan Jokowi-JK.

Salah satu kemalangan terbesar menurut catatan KAMMI adalah janji Nawacita yang diingkari dan dilupakan oleh pemerintahan Jokowi-JK.

Kemalangan lainnya ialah utang negara yang kian menumpuk dan berpotensi membuat BUMN dikuasai asing.

Ketua Umum KAMMI Kalbar Abdul Jabbar mengungkapkan, untuk mengingatkan kembali satu tahun pemerintahan tersebut, KAMMI menyuarakan kepada seluruh elemen bangsa untuk kembali meneguhkan persatuan dan perjuangan.

"Kita memperjuangkan hak dan kepentingan rakyat Indonesia dan menjadikan momentum ini sebagai tahun kebangkitan dan gerakan mahasiswa dan rakyat," kata Abdul.

Selain itu, bencana kabut asap akibat pembakaran hutan juga menjadi salah satu dari 12 kemalangan menurut catatan KAMMI.

"Bencana asap akibat pembakaran hutan menyiksa jutaan rakyat di Sumatera dan Kalimantan yang tidak ditanggapi serius dan cepat," lanjut Abdul.

Unjuk rasa yang dikawal ketat kepolisian tersebut berjalan dengan tertib dan lancar. Aksi teatrikal juga mewarnai unjuk rasa puluhan mahasiswa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com