Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Idul Adha, Pemijat Hewan Panen Rupiah

Kompas.com - 16/09/2015, 15:24 WIB
KOMPAS.com — Profesi pemijat hewan muncul menjelang Idul Adha 1436 Hijriah. Para agen lembu dan sapi yang ada di Kota Binjai, Sumatera Utara, bahkan mencari jasa pemijat hewan ini.

Salah seorang pelaku pemijat hewan ini adalah Obi Johan, warga Binjai Timur. Dia telah menjalani usaha ini selama puluhan tahun.

"Pemijatan terhadap hewan ini dilakukannya bila para agen memerlukan jasanya setelah para hewan itu menempuh perjalanan panjang," katanya.

Biasanya, hewan kurban yang didatangkan itu berasal dari provinsi tetangga, seperti Aceh, yang memerlukan waktu perjalanan darat hingga 12 jam.

Obi Johan menjelaskan, terapi hewan kurban dilakukan dengan cara memijat semua bagian tubuh sapi ataupun lembu dari badan hingga kaki sapi.

Jasa pemijatan tersebut dipercaya agen agar sapi mereka terlihat segar bugar saat dijual. Mereka juga mau memberikan perawatan tersendiri sebelum sapi dijual ke masyarakat.

Dia menjelaskan, untuk jasa pemijatannya terhadap hewan satu ekor sapi dan lembu, mereka mematok harga dari Rp 8.000-Rp 10.000.

Obi Johan mengaku, dia bisa memijat minimal 20 hewan per harinya.

"Jelang Idul Adha seperti sekarang ini yang mempergunakan jasanya naik drastis mencapai 30-40 ekor per harinya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com