Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Dirgantara Jayawijaya Alami Masalah di Bandara Wamena

Kompas.com - 09/09/2015, 10:11 WIB

WAMENA, KOMPAS.com - Pesawat Jayawijaya Dirgantara jenis Boeing 737-200 mengalami masalah saat mendarat di Bandara Wamena, Papua, Rabu (9/9/2015) pagi.

"Kecelakaan yang dialami pesawat Jayawijaya Dirgantara dengan kode penerbangan PK-JRB saat mendarat di landasan pacu atau di taxi 33 berhenti karena diduga mengalami kebocoran akibat gangguan hidrolik," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Patrige di Jayapura, Rabu.

Kombes Patrige mengatakan, pesawat tersebut membawa muatan barang campuran berupa 11.840 kg beras dolog dan bahan makanan lain.

Pesawat kargo itu saat ini sudah dipinggirkan sehingga aktivitas di Bandara Wamena kembali normal. Insiden tersebut sempat membuat bandara tidak dioperasikan selama beberapa jam.

Bandara Wamena yang terletak di Lembah Baliem itu dapat ditempuh sekitar 55 menit dari Sentani.

Berikut kronologi yang diterima Kompas.com:

1. Pukul 07.32 WIT pesawat dengan kode penerbangan PK-JRB landing dengan aman di runway 15 Bandara Wamena.

2. Pada pukul 07.40 WIT sesaat setelah landing, pilot melaksanakan reverse untuk mengulangi kecepatan pada saat landing. Namun, pada saat landing speed aman dan reverse engine akan ditutup, indikator pada kokpit memperlihatkan ada masalah pada mesin sebelah kiri. Akibat dari kejadian tersebut pilot kemudian menghentikan pesawat dan menyatakan kepada tower ada masalah pada mesin sebelah kiri. Kemudian pesawat berhenti di tengah runway dan dari pihak tower kemudian mem-broadcast emergency dan bandara ditutup.

3. Pada pukul 07.45 WIT, crash team bandara beserta personel dari Detasemen TNI AU Wamena dan personil KP3U Bandara Wamena melakukan pengamanan lokasi kejadian.

4. Pada pukul 08.10 WIT dilakukan upaya pemindahan pesawat dengan cara di-towing menggunakan forklift menuju apron 2 melalui taxy echo.

5. Pada pukul 08.12 WIT oleh PKPPK Bandara Wamena dilakukan upaya pembersihan runway dari oli yang bocor serta sisa avtur yang tercecer di tengah runway (lokasi kejadian).

6. Pada pukul 08.25 WIT, pesawat sudah selesai ditarik dan diposisikan pada apron 2 Parking Stand nomor 1 dengan aman.

7. Informasi dari pihak Bandara Wamena, bandara akan dibuka sesaat pembersihan runway selesai pukul 09.00 WIT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com