Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap, Penerbangan di Bandara Supadio Terganggu

Kompas.com - 07/09/2015, 09:53 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Sejumlah penerbangan yang akan berangkat dari Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (7/9/2015) pagi, mengalami keterlambatan karena kabut asap.

Maskapai yang terpaksa menunda keberangkatan di antaranya Lion Air dan Kalstar. Sejak pukul 06.30 hingga 07.30 WIB, sedikitnya terdengar lima kali pemberitahuan melalui pengeras suara terkait keterlambatan keberangkatan penerbangan.

"Mohon perhatian, pesawat Kalstar dengan nomor penerbangan KD922 tujuan Pontianak-Ketapang-Pangkalan Bun mengalami keterlambatan keberangkatan karena cuaca buruk sampai batas waktu yang tidak ditentukan," demikian bunyi salah satu pemberitahuan yang terdengar di ruang tunggu Bandara Supadio, pagi tadi.

Berdasarkan pembaruan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jarak pandang di Bandara Supadio tercatat 500 meter. Sedangkan untuk jarak normal jarak pandang berkisar pada 1,5 kilometer.

Pembaruan data dari pantauan satelit Modis pada tanggal 7 September 2015 pukul 05.00 Wita, tercatat 47 titik yang tersebar di sejumlah kabupaten. Jumlah titik api terbanyak terpantau di Kabupaten Ketapang sebanyak 40 titik.

Kini, berdasarkan pantauan Kompas.com, terjadi penumpukan penumpang di ruang tunggu keberangkatan. Kabut pekat pun terlihat menyelimuti landasan pacu di Bandara Supadio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com