Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Terjebak Kebakaran Gunung Sindoro, Tiga Pendaki Selamat

Kompas.com - 28/08/2015, 15:03 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Tiga pendaki sempat terjebak dalam kebakaran yang terjadi di lereng Gunung Sindoro, wilayah Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Jumat (28/8/2015) dini hari. Mereka merupakan mahasiswa asal Universitas Saind Al-Qur'an (Unsiq) Wonosobo.

Namun, Kepala Urusan Komunikasi Perum Perhutani KPH Kedu Utara, Herman Sutrisno, mengatakan bahwa tiga pendaki itu berhasil dievakuasi oleh petugas dan kini dalam kondisi selamat.

"Tadi pagi sekitar pukul 04.30 WIB mereka berhasil dievakuasi dalam kondisi sehat," ujar Herman saat dihubungi Jumat siang.

Kebakaran melanda kawasan hutan perdu di lereng Gunung Sindoro tepatnya pada petak 18C Resort Pemangku Hutan (RPH) Sigedang Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Sekitar 50 hektar lahan yang terletak pada ketinggian lebih dari 2000 meter dari permukaan laut (mpdl) hangus dilalap di jago merah.

Api muncul berasal dari kawasan puncak Sindoro sejak Kamis (27/8/2015) siang. Api kemudian cepat merambat ke kawasan bawah puncak karena tertiup angin kencang ditambah kondisi vegetasi yang kering.

Ratusan petugas dibantu rewalan dan warga sekitar masih berupaya melakukan pemadaman. Hingga berita ini ditulis, api belum dapat dipadamkan secara total namun sudah berangsur mengecil.

"Semula ada tiga titik api, tapi sekarang tinggal satu titik dan (api) sudah mengecil," kata Yudi Noviar, Kepala Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Wonosobo Perum Perhutani KPH Kedu Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com