Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinjau Korban Kebakaran Pasar Tengah, Jokowi Janjikan Bantuan Pemerintah Pusat

Kompas.com - 23/08/2015, 12:47 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah Pejabat Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Pontianak meninjau lokasi bekas kebakaran Pasar Tengah, Jalan Tanjungpura, Pontianak, Minggu (23/8/2015) pagi.

Dalam kunjungannya, Jokowi meninjau kondisi pasar yang dilanda kebakaran hebat pada Jumat (21/8/2015) malam kemarin. Kebakaran tersebut terjadi beberapa jam setelah Jokowi beserta rombongan tiba di Pontianak dalam rangka mengikuti rangkaian Karnaval Khatulistiwa.

Sebanyak 80 ruko dan ratusan kios yang terbagi dalam tiga blok ludes terbakar dalam peristiwa tersebut.

"Ya, nanti semua akan berperan untuk membangun kembali pasar yaang terbakar. Pemerintah pusat berperan, pemerintah daerah juga berperan, ya dana nya separuh-separuh lah. Bentuk bantuannya nanti akan dihitung seperti apa", ujar Jokowi, Minggu (23/8/2015)

Jokowi menambahkan, dirinya juga sudah mendengar cerita dari Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, yang menyebutkan bahwa Pasar Tengah merupakan pasar tertua di Pontianak. Selain itu, pasar dengan bentuk bangunan gaya lama tersebut menyimpan historis sebagai pusat perbelanjaan dan perekonomian pertama di Pontianak.

Konsep bangunan yang akan diterapkan pada pembangunan kembali Pasar Tengah, menurut Jokowi akan mengacu pada pasar tradisional. Nilai historis masa lalu yang melekat kuat dengan Pasar Tengah menjadi salah satu poin yang akan menjadi perhatian dalam perencaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com