Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ospek Tanpa Kekerasan, STAIN Bekali Mahasiswa Baru dengan Ilmu Jurnalistik

Kompas.com - 20/08/2015, 02:51 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Penyelenggaraan orientasi pengenalan kampus (ospek) kepada ratusan mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kota Parepare tanpa disertai kekerasan dan peloncohan. Malahan, ratusan mahasiswa baru itu diberikan pelatihan jurnalistik.

"Pengenalan lingkungan kampus pada mahasiswa baru yang digelar sejak Senin 17 Agustus dan berakhir Kamis 20 Agustus besok, peserta ospek dari jurusan Dakwah dan Komunikasi, sebanyak 230 Mahasiswa, hanya dibekali ilmu jurnalistik," kata kepala jurusan Dakwah dan Komunikasi STAIN Parepare, Muh Saleh, Rabu (19/8/2015) di Kampus STAIN.

Bekal awal ilmu dasar jurnalistik kepada mahasiswa, kata Saleh, bertujuan untuk mendorong mahasiswa baru terkait bidang ilmu yang akan digelutinya. Nantinya, mahasiswa diharapkan lebih tanggap dalam belajar berdakwah dan berkomunikasi, tanpa disertai kekerasan.

Ilmu Jurnalistik, menurut Saleh, tidak beda jauh dengan ilmu dakwah dan komunikasi.

Arsyad, salah seorang aktivis STAIN yang juga seorang wartawan harian lokal Parepare, mengaku Ilmu jurnalistik membuatnya gampang berdakwah melalui tulisan, maupun dakwah langsung kepada masyarakat dan pejabat daerah.

"Menjadi jurnalis adalah impian saya sejak kecil. Seorang jurnalis bisa berdakwah melalui tulisan," tutur Arsyad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com