Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri: Pesawat Trigana Air Diduga Jatuh di Gunung

Kompas.com - 16/08/2015, 18:49 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti mengatakan, pesawat Trigana Air rute Sentani-Oksibil yang hilang kontak pada Minggu (16/8/2015) siang waktu setempat diduga jatuh di wilayah pegunungan. Aparat kepolisian bersama tim SAR akan kembali melakukan pencarian pada Senin (17/8/2015). 

"Kalau mau ke Oksibil itu biasanya melintasi bukit. Mungkin cuacanya jelek, gunung itu yang mungkin jadi penghambat," ujar Badrodin saat ditemui di Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu petang. 

Badrodin menuturkan, aparat kepolisian sudah menerjunkan helikopter untuk menyisir wilayah pegunungan itu. Namun, karena cuaca buruk apabila hari sudah mulai malam, maka upaya pencarian akan kembali dilanjutkan pada esok hari. 

"Biasanya setelah pukul 01.00, cuaca memang jelek," kata dia. 

Menurut Badrodin, pesawat yang membawa 54 penumpang dan kru itu seharusnya sudah mendarat pada pukul 15.15 waktu setempat. Namun, pada waktu yang dijadwalkan itu, pesawat tersebut tidak juga mendarat hingga akhirnya dinyatakan hilang kontak. 

Pesawat Trigana Air bertipe ATR 42 dengan kode PK-YRN tersebut diterbangkan oleh Kapten Penerbang Hasanuddin, dan berhasil lepas landas dari Bandara Sentani. Pesawat itu membawa 54 orang dengan rincian 44 orang dewasa, 2 anak usia di atas lima tahun, 3 anak balita, dan 5 kru. Badan SAR Nasional (Basarnas) telah melakukan koordinasi dengan kantor Basarnas Jayapura untuk melakukan pencarian terhadap pesawat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com