Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan Kunjungi Bendungan di Aceh yang Tak Berfungsi 13 Tahun

Kompas.com - 04/08/2015, 21:22 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke lokasi bendungan Lhok Guci di Desa Seumantok, Kecamatan Pante Cermen, Aceh Barat.

Bendungan ini tidak dapat difungsikan untuk mengairi air ke lahan persawahan warga selama 13 tahun terakhir. Sebab, saluran irigasi sekunder dan primer di bendungan tersebut juga tidak berfungsi.

“Kunjungan saya ke Bendungan Lhok Guci di pedalaman Aceh Barat ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk melihat langsung lokasi,” kata Amran kepada wartawan, Selasa (04/08/2015).

Setelah melihat langsung lokasi bendungan Lhok Guci, Amran sangat yakin jika selesai dibangun, nantinya bendungan itu mampu mengairi air ke lahan persawahan warga seluas 20 ribu hektar yang ada di Aceh Barat.

“Ternyata lokasi bendungan ini sangat luar biasa, sangat potensial. Saya yakin, selesai dibangun nanti, mampu mengaliri air ke lahan seluas 20 ribu hektar,“ kata Amran.

Untuk membangun lanjutan irigasi primer dan sekunder di lokasi Bendungan Lhok Guci hingga dapat difungsikan untuk mengairi air ke lahan persawahan, pemerintah mengucurkan dana pembangunan sebesar lebih kurang Rp 600 miliar. Pemerintah menargetkan proyek bendungan ini dapat selesai dalam jangka waktu paling lama tiga tahun.

“Anggaran untuk pembangunan, laporan Bupati Aceh Barat lebih kurang Rp 600 miliar, dan kalau menurut saya dua tahun selesai. Paling lama 3 tahun” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com