Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datang ke KPU, Pasangan Calon Kepala Daerah Ini Malah Ajak Berdialog

Kompas.com - 03/08/2015, 22:33 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), Eusebio Hornai Rebelo dan Raymundus Loin mendatangi kantor KPU setempat di saat menit terakhir batas pendaftaran. Pasangan calon tersebut bukan mendaftar tetapi menyampaikan alasan mereka tidak mendaftar.

Pasangan yang diusung Partai Nasdem, Demokrat, Gerindra, PAN dan Hanura ini datang didampingi oleh masing-masing ketua dan sekretaris partai pengusung. Mereka disambut oleh Ketua KPU Felix Bere Nahak dan empat orang komisioner KPU TTU serta anggota KPU Provinsi NTT Yosafat Koli, Senin (3/8/2015).

Kedatangan calon bupati dan wakil bupati yang dikenal dengan sandi "Era TTU Barru" tersebut dengan bermaksud melakukan dialog dengan komisioner KPU.

Juru bicara "Era TTU Barru", Miguel Ati Bau di hadapan komisioner KPU mengatakan alasan calon mereka tidak mendaftar karena ingin menetralkan situasi politik yang saat ini terjadi di Kabupaten TTU yang penuh dengan intimidasi dan provokatif, akibat sisa konflik Pilkada TTU pada tahun 2010 lalu.

“Kami datang ke sini untuk tetap konsisten dengan sikap politik partai koalisi bersama calon bupati dan wakil bupati, untuk menunda pendaftaran. Alasannya bahwa di TTU pernah terjadi konflik politik yang berkepanjangan sejak pilkada tahun 2010 hingga hari ini yang tentunya sangat merugikan masyarakat banyak, sehingga kita ingin menetralisir situasi ini,” kata Miguel.

Alasan lainnya, lanjut Miguel, adanya upaya provokatif dari calon bupati tertentu yang cenderung mendiskreditkan calon mereka, sehingga pihaknya akan mengambil sikap politik dan langkah hukum.

“Karena kita lihat situasi politik di TTU tidak baik, maka kita pun tidak ingin memimpin lima tahun ke depan dengan konflik yang akhirnya tidak ada pembangunan, karena setiap saat hanya urus konflik yang berkepanjangan. Kami pimpinan partai politik di Kabupaten juga segera melaporkan hal ini semua ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP), untuk diikuti dengan baik bahwa kita tidak buat-buat. Harapannya kita, kalau bisa TTU ke depan tidak lagi seperti TTU yang lalu, sehingga sikap kami yakni menunda pendaftaran ini,” tegas Miguel.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Felix Bere Nahak mengatakan pihaknya akan tetap menghargai langkah politik yang diambil oleh semua pasangan calon bupati dan wakil bupati, termasuk juga paket Era TTU Barru.

”Apa pun keputusan yang diambil oleh calon bupati Eusebio Hornai Rebelo dan calon wakil bupati Raymundus Loin tetap kita hormati dan hargai,” kata Felix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com