Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muktamar NU, TNI Dirikan Dapur Umum dengan 5.000 Kotak Nasi Per Hari

Kompas.com - 02/08/2015, 09:25 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Jumlah peserta maupun simpatisan Muktamar Nahdllatul Ulama (NU) ke-33 di Jombang, Jawa Timur yang berlangsung 1-5 Agustus 2015 diperkirakan mencapai 50.000 orang.

Sejalan dengan itu, ketersediaan makanan dan minuman bisa jadi masalah jika tidak dipersiapkan dengan baik. Selain panitia yang menyediakan bekal makan, beberapa pihak juga turut membantu. Salah satunya adalah unsur TNI yang turut mengusahakan kelancaran ketersediaan makanan saat muktamar.

TNI membangun dapur umum di kawasan Markas Kodim Jombang. Dapur umum itu berdiri  di bawah komando Detasemen Pembekalan dan Angkutan yang dipimpin oleh Letkol Arok Jayanto.

Dengan beranggotakan 87 personel, detasemen ini bekerja setiap hari menyediakan makanan hingga hari keempat nanti. "Kami membantu menyediakan makan untuk non peserta," ujar Arok Jayanto, Sabtu (1/8/2015) kemarin.

Setiap kali memasak, lanjut Arok, detasemennya mampu menyediakan 5.000 nasi kotak yang langsung didistribusikan ke beberapa lokasi konsentrasi massa.

Variasi menu menjadi salah satu hal yang juga dipikirkan. "Ada ayam goreng, tempe goreng. Menu masakan variatif," lanjut dia.

Muktamar NU telah dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/8/2015) malam. Lokasi Muktamar di Jombang ini berlangsung di lima tempat berbeda, mulai dari Alon-alon Kota Jombang sebagai venue utama, hingga beberapa pesantren yang menjadi tempat rapat pleno komisi yakni Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas; Pesantren Manbaul Maarif Denanyar; Pesantren Darul Ulum Rejoso; serta Pesantren Tebu Ireng. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com