Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fhila, Remaja Tunarungu Juara Melukis Se-Jateng

Kompas.com - 31/07/2015, 14:55 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Arfhila Choirunisa (14) begitu bangga bisa mengharumkan nama Kota Magelang di tingkat provinsi berkat kegemarannya melukis. Fhila—panggilan akrabnya—tidak pernah merasa rendah diri meski memiliki keterbatasan dalam mendengar dan berbicara.

Siswa SD Luar Biasa (SDLB) Negeri Kota Magelang ini baru saja menjadi juara I Lomba Melukis dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang diselenggarakan di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, pada 28 hingga 29 Juli 2015 lalu. Fhila pun berhak mewakili Provinsi Jawa Tengah di FLS2N tingkat nasional di Palembang pada 23-27 Agustus 2015 mendatang.

"Bahagia rasanya akhirnya bisa juara I, saya suka menggambar sejak kecil," ucap Fhila yang didampingi Kepala SLB Negeri Kota Magelang, Siti Asnah, Jumat (31/7/2015).

Menurut Siti Asnah, Fhila merupakan putri pertama dari Boby Rachmad, warga Dusun Tempak, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Sejak pertama masuk ke SLB Negeri Kota Magelang, sudah tampak bakat dan kegemarannya dengan mata pelajaran menggambar.

Pada ajang FLS2N tingkat Provinsi Jawa Tengah itu, kata Siti, Fhila berhasil menyisihkan 24 peserta yang berasal dari kabupaten dan kota di seluruh Jawa Tengah. Lukisan Fhila yang mengambil tema "Pemandangan Alam Indonesia" itu pun berhasil mendepak juara bertahan Kabupaten Wonosobo.

"Fhila sempat kesulitan saat berlatih melukis menggunakan pensil. Dia lalu menggunakan spidol yang ternyata lebih mudah baginya. Dia termasuk anak yang berbakat dan selalu semangat belajar," kata Siti.

Telaten

Setiap hari Jumat, lanjut Siti, Fhila dan teman-temannya rajin mengikuti ekstrakurikuler melukis yang diadakan di sekolah. Tidak mudah membangun semangat belajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus seperti Fhila. Kondisi ini tentu berbeda ketika melatih anak-anak normal pada umumnya. Terlebih ketika harus mengikuti mood dan kemauan mereka.

"Kami datangkan guru privat melukis untuk melatih anak-anak, itu pun harus guru yang benar-benar bersedia dan tulus melatih anak-anak dengan berkebutuhan khusus," tandas Siti.

Prestasi membanggakan yang diraih Fhila ini, kata Siti, mengungguli raihan prestasi tahun sebelumnya pada ajang yang sama. FLS2N tahun 2014 hanya mampu meraih juara dua di bidang melukis (Fransisca) dan cipta baca puisi (Adlan Rosid).

“Kita pernah juara pertama di FLS2N 2011 bidang penyanyi solo. Setelah tiga tahun tidak dapat juara pertama, sekarang meraih juara pertama lagi. Ini buah dari kerja keras Arfhila, guru pembimbing, dan sekolah, serta dukungan Diknas Kota Magelang,” tuturnya.

Titi Wulandari, pelatih melukis Fhila, mengaku sangat bangga muridnya bisa meraih juara di ajang bergengsi itu. Sejak dua tahun lalu, ia mulai melatih murid-murid SLB Negeri Kota Magelang dengan sabar dan tekun, mengingat anak yang dilatih memiliki keterbatasan berbeda.

“Sebagian besar yang saya latih siswa tunarungu dan tunawicara, jadi memang harus pelan-pelan, telaten kalau mengajari. Kalau terlalu cepat, perintah saya tulis di kertas. Belum lagi untuk membangun mood mereka. Saya tidak jarang harus datang ke rumahnya. Biar terus semangat," ucap Titi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com