Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pilkada Serentak, PBNU Ingatkan Kiai Berhati-hati Terima Hadiah

Kompas.com - 29/07/2015, 16:14 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengingatkan agar para ulama dan pondok pesantren berhati-hati dalam menerima hadiah. Sebab, jelang pilkada serentak seperti saat ini, biasanya para calon yang berkunjung meminta restu kepada para ulama dan kiai serta memberikan hadiah yang bisa jadi merupakan bentuk penyuapan atau pencucian uang.

"Memang selama ini ada beberapa calon yang maju dalam pilkada datang ke ulama dan kiai untuk minta restu. Mereka juga lantas memberikan hadiah untuk pesantren," kata Rais Syuriah PBNU, KH Ahmad Ishomuddin, dalam jumpa pers Halaqah Alim Ulama Nusantara di Hotel Santika, Rabu (29/7/2015).

Ahmad Ishomuddin menuturkan, selama ini, masih ada ulama yang tak menyadari hadiah yang diberikan bisa jadi merupakan modus praktik pencucian uang sehingga beberapa pondok pesantren sampai ada yang terseret kasus pencucian uang.

"Kita prihatin. Kejadian itu bisa menjadi contoh bagi kiai-kiai lain," ucapnya.

Pemberian hadiah itu, lanjut dia, sempat menjadi perdebatan di antara para alim ulama dan kiai, apakah kiai dan ulama perlu bertanya dari mana asal uang yang diberikan kepadanya atau tidak.

Menurut Ahmad, kiai dan ulama harus berani tegas menolak pemberian dari seseorang jika terindikasi pencucian uang atau sifatnya penyuapan. Terlebih lagi, saat menjelang pilkada serentak ini, kiai dan pondok pesantren harus lebih berhati-hati.

"Jelang pilkada ini, kiai perlu berhati-hati ketika menerima pemberian. Bentuk money laundering salah satu caranya menyumbang pesantren," ujarnya.

Ia menuturkan, semua pihak harus saling mengingatkan perihal pemberian dari pihak luar dan juga terus mengingatkan hal itu serta menyuarakan antikorupsi lewat pesantren.

"Semua harus saling mengingatkan. Harus berani bilang tidak. Jangan bilang iya ketika hati bilang tidak," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com