Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri: Belum Ditemukan Keterlibatan Asing dalam Insiden Tolikara

Kompas.com - 22/07/2015, 09:48 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti mengaku polisi belum menemukan keterlibatan pihak asing dalam insiden di Kabupaten Tolikara, Papua, 17 Juli 2015 lalu.

"Sampai sekarang belum. Kami tidak melihat ada peran mereka (pihak asing)," ujar dia di kompleks Mabes Polri, Rabu (22/7/2015) pagi.

Meski demikian, Badrodin tidak menampik adanya informasi awal tentang keterlibatan pihak asing dalam insiden tersebut. Informasi itu, lanjut Badrodin, berasal dari masyarakat dan beberapa sumber informasi di Papua.

Meskipun hingga saat ini belum ditemukan keterlibatan asing, Badrodin memastikan polisi terus menyelidiki informasi tersebut. "Tentu kita lakukan analisis dan penyelidikan soal itu," ujar Badrodin lagi.

Sebelumnya diberitakan, sekelompok orang yang diduga jemaat Gereja Injili di Indonesia (GIDI) mendatangi Mushala Baitul Mustaqin di Tolikara, Papua, saat umat Islam menggelar shalat Idul Fitri, Jumat (17/7/2015) pagi.

Sekelompok orang ini melakukan protes lantaran pengeras suara yang digunakan dalam shalat Idul Fitri itu mengganggu acara yang juga tengah digelar umat GIDI.

Menurut Ketua Persekutuan Gereja dan Lembaga Injil di Indonesia (PGLII) Roni Mandang, kedatangan umat GIDI ke umat Islam dengan cara baik-baik. Namun, tembakan aparat ke arah umat GIDI membuat situasi menjadi kacau.

Situasi semakin kacau begitu diketahui satu orang meninggal dunia akibat rentetan tembakan itu. Akibatnya, warga kemudian membakar kios di sekitar lokasi. Namun, api merembet ke mushala yang dijadikan tempat shalat Idul Fitri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com