Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapi Makan Sampah Bakal Ganggu Kerja Sama DKI Jakarta dan NTT

Kompas.com - 19/07/2015, 13:03 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Banyaknya sapi yang memakan sampah di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), dicemaskan akan mengganggu kerja sama pengadaan sapi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan NTT. (Baca: Sampah Jadi Makanan Pokok Sapi di Kecamatan Alak.) Kerja sama itu digagas Joko Widodo (Jokowi) tahun 2014 ketika masih sebagai gubernur DKI Jakarta dan kini dilanjutkan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Anggota DPRD NTT, Jefry Unbanunaek, mengemukakan kecemasan itu kepada Kompas.com, Minggu (19/7/2015). Menurut dia, kerja sama antara Pemprov DKI dan Pemprov NTT itu tentu sangat positif tetapi kepercayaan itu belum di jaga sepenuhnya oleh Pemprov NTT. “Jangan sampai peluang emas ini gagal dimanfaatkan Pemerintah NTT. Dinas Peternakan Provinsi NTT harus segera mengatasi persoalan inisehingga jangan sampai sebagian sapi yang mengkonsumsi sampah itu merugikan konsumen dan para peternak yang lain,” kata Jefry.

Menurut Jefry, Pemprov NTT harus menjaga kualitas daging sapi. Untuk itu, pakan sapi harus baik. “Ini (kualitas daging) jelas akan terganggu. Pemerintah harus segera mengatasinya. Jangankan warga DKI, warga NTT khususnya di Kota Kupang, tentu juga akan cemas dengan  beredarnya daging dari sapi yg mengkonsumsi sampah," kata  Jefry.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com