Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kilometer, Jarak Aman Dampak Letusan Gunung Raung

Kompas.com - 30/06/2015, 22:27 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menetapkan jarak aman dampak letusan gunung raung adalah 10 kilometer dari puncak kawah.

Jarak ini lebih jauh dari usulan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang menetapkan jarak aman sejauh tiga kilometer.

"PVMBG mengusulkan tiga kilometer, tapi kami tetapkan 10 kilometer dari puncak gunung sebagai jarak paling aman. Ini untuk antisipasi saja," kata Kepala BPBD Jatim, Sudarmawan, Selasa (30/6/2015).

Penetapan jarak aman itu diputuskan setelah BPBD bersama pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso melakukan pembaharuan peta kontijensi yang dibuat 2012 lalu.

"Peta kontijensi wajib di-update karena sejak 2012 pasti ada perubahan kondisi alam," kata dia.

Berdasarkan kajian, enam kecamatan di Kabupaten Banyuwangi adalah daerah yang paling terdampak oleh letusan. Selanjutnya, di Kabupaten Bondowoso dua kecamatan dan Kabupaten Jember satu kecamatan. 

Sebanyak 33 titik evakuasi di tiga daerah tersebut sudah disiapkan untuk menampung pengungsi.

Gunung setinggi 3.332 mdpl di perbatasan Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember itu naik status dari waspada menjadi Siaga sejak pukul 09.00 WIB Senin (29/6/2015).

Minggu (28/6/2015) malam, Gunung Raung mengeluarkan bunyi dentuman keras. Suara dentuman itu terdengar hingga radius 20 kilometer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com