Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Pasutri Ludes Dilalap Api Saat Ditinggal Pergi ke Pasar

Kompas.com - 29/06/2015, 23:19 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis


TEBING TINGGI, KOMPAS.com - Peristiwa kebakaran melanda sebuah rumah di perkampungan padat penduduk di Jalan Pulau Sumatera Gang Berdikari Lk IV Kelurahan Tualang, Kecamatan Padang Hulu, Tebingtinggi, Sumatera Utara, Senin (29/6/2015) sore. Satu unit rumah sewa semi permanen beserta peralatan yang didiami pasutri Hasby Marpaung (60) dan Ngatirah (58) ludes dilalap si jago merah.

Walau tidak menimbulkan korban jiwa, Ngatirah mengaku kehilangan seluruh harta benda. Sementara Hasby, terlihat termenung, tak mampu berbuat banyak, saat menyaksikan rumah yang mereka tinggali rata dengan tanah.

Informasi yang diperoleh, dugaan sementara kebakaran disebabkan arus pendek listrik. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Walau mampu dipadamkan, rumah itu hanya menyisakan puing-puing berserakan yang terus diamankan warga tetangga.

Saat kejadian, Ngatirah mengaku, sedang keluar membeli udang di pasar. Ibu beranak dua itu terperanjat saat melihat asap hitam pekat dan kobaran api yang cepat menghanguskan rumahnya.

"Semuanya ludes terbakar, tinggal baju dipakai di badan yang tinggal. Enggak tau penyebabnya karena sore itu tidak ada kompor menyala," ujar pedagang pecal mie itu sambil terisak.

Sontak, lokasi jalan setapak 3 meter itu mendadak ramai. Kondisi itu menyulitkan petugas Brajawibawa kota itu. Namun berkat bantuan warga, itu tidak menjadi halangan bagi petugas pemadam yang dipimpin komandan regu, Kaspen.

Api mampu dipadamkan setengah jam kemudian. Saksi mata, Nauma (40) tetangga korban mengaku melihat kepulan asap hitam dari bagian dapur. Dirinya berpendapat, cuaca panas dan hembusan angin, menjadi penyebab cepatnya kobaran api melahap bagian depan rumah bermaterial kayu tersebut.

"Saya menjerit, saat sedang memetik sayur buat jelang berbuka puasa, warga mencoba memadamkan dengan peralatan seadanya," ujarnya.

Kepolisian serta tim Laboratorium Forensik (Labfor) kepolisian kota itu terlihat hadir gelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Belum ada keterangan resmi. Peristiwa kebakaran itu masih dalam penanganan Polres Tebingtinggi, Sumatera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com