Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

33 Jalur Evakuasi di Daerah Sekitar Gunung Raung Disiapkan

Kompas.com - 29/06/2015, 18:33 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur memetakan tiga daerah terdampak letusan Gunung Raung. Ketiga daerah itu adalah Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Dari tiga daerah itu, ada 139.382 jiwa yang terancam.

Kepala BPBD Jawa Timur, Sudarmawan menjelaskan, di Banyuwangi, potensi terdampak ada 18 desa di lima kecamatan, Bondowoso di empat desa di dua kecamatan, sementara di Jember ada di tiga desa di satu kecamatan.

"Kami bersama BPBD kabupaten setempat sudah menyiapkan 33 jalur evakuasi dan shelter," katanya, Senin (29/6/2015).

Berdasarkan pemetaan potensi terdampak letusan Gunung Raung itu, ada sekitar 139.382 nyawa penduduk yang terancam, masing-masing sebanyak 115.878 jiwa di Banyuwangi, 1.836 di Bondowoso, dan 21.668 di Jember.

"Kami sudah Masukkan mereka dalam rencana kontigensi," ujarnya.

Sudarmawan mengimbau, masyarakat di tiga daerah itu tetap tenang dan tidak termakan kabar-kabar yang menyesalkan dan membuat panik terkait Gunung Raung. Mereka diminta hanya mempercayai informasi resmi yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan BPBD.

Gunung setinggi 3.332 mdpl di perbatasan Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember itu naik status dari waspada menjadi Siaga sejak pukul 09.00 WIB tadi pagi. Minggu (28/6/2015) malam, Gunung Raung mengeluarkan bunyi dentuman keras. Suara dentuman itu terdengar hingga radius 20 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com