Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Raung Keluarkan Dentuman Keras, Warga Resah

Kompas.com - 29/06/2015, 12:28 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com - Masyarakat yang berada di dekat Gunung Raung, tepatnya di Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe, Jember, Jawa Timur, mengaku khawatir dengan suara gemuruh yang secara terus-menerus keluar dari Gunung Raung.

Pasalnya, sejak lima hari terakhir, tidak hanya suara gemuruh, namun suara dentuman keras juga keluar dari Gunung Raung.

Gellek pas saoran, suara santak. Oreng ka’ enjeh tager benyyak se kaloar roma (Tadi pas sahur, suaranya begitu keras. Orang sini sampai banyak yang keluar rumah),” ujar salah satu warga, Abdul Fattah, Senin (29/6/2015).

Fattah mengaku sangat khawatir dengan suara dentuman keras yang saat ini semakin sering terdengar dari Gunung Raung.

Mun malemma pas engak se kaloar apoy, mera nikah e attas gunung raong (Kalau tadi malam sepertinya keluar api, kelihatan merah di atas gunung raung),” jelasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dusun Gunung Timur, Desa Rowoasri, Haerul. Menurut dia, dentuman keras yang keluar dari Gunung Raung membuat kaca rumah milik warga bergetar.

“Tadi pas sahuran kaca ini sampek bergetar dan warga banyak yang keluar ke rumah,” terangnya.

Dia mengaku resah dengan kondisi tersebut sebab sejauh ini belum ada pengumuman dari pemerintah mengenai kondisi gunung raung.

“Belum ada ini, belum ada petugas dari kabupaten yang datang ke sini,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com