Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, “Sedekah Darah” di Masjid hingga Warung Kopi

Kompas.com - 26/06/2015, 10:14 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Ada banyak cara bisa dilakukan di bulan Ramadhan untuk beribadah, di antaranya bersedekah. Sedekah tidak hanya bisa dilakukan dengan memberikan materi dalam bentuk uang atau barang, tapi juga bisa bersedekah darah alias berdonor darah demi membantu keselamatan orang lain.

Nah, demi mengantisipasi kebutuhan darah selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1436 H, Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh menyasar masjid di Banda Aceh untuk melaksanakan donor darah.

Cara jemput bola yang dilakukan PMI Kota Banda Aceh ini, dengan mendatangkan langsung mobil bus unit donor darah keliling ke setiap masjid dan donor darah itu dilakukan setelah salat tarawih.

Humas UTD PMI Kota Banda Aceh Zoelfahmi, mengatakan, donor darah yang dilakukan UTD-PMI dengan mendatangi masjid selama bulan puasa itu untuk mengantisipasi kebutuhan darah di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

“Sepanjang bulan Ramadhan kita selalu melakukan program sambangi masjid dan warung kopi, mengajak warga untuk bisa berdonor dengan tujuan kemanusiaan, karena ini bulan puasa, makanya kegiatan donor darah dilakukan malam hari,” ujar Fahmi, Kamis (25/6/2015).

Jadi, tambah Fahmi, selain masjid, UTD PMI Kota Banda Aceh juga menyambangi warung-warung kopi, di mana banyak warga yang berkumpul usai melaksanakan ibadah tarawih.

Sebanyak 30 masjid dan 30 warung kopi menjadi terget UTD PMI untuk melakukan donor darah keliling. Selain menyosialisasikan pentingnya donor darah bagi kesehatan, UTD PMI juga menyasar para pendonor pemula dan untuk menjadikan berdonor darah sebagai gaya hidup sehat.

“Kita juga menargetkan para pendonor pemula untuk bisa melakukan donor darah dan menjadikannya sebagai gaya hidup yang sehat. Kalau seseorang sudah jadi pendonor, maka bisa dipastikan dia memiliki kesehatan yang baik,” ujar dia.

Selama Ramadhan ini UTD PMI Kota Banda Aceh menargetkan bisa mengumpulkan 1.000 kantong darah yang bisa digunakan hingga hariraya Idul Fitri mendatang untuk 11 rumah sakit dan klinik di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com