Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Sekolah Angeline Meletakkan Baju Seragam di Dekat Jenazah Sang Siswa

Kompas.com - 13/06/2015, 16:44 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Guru dan Kepala SD 12 Sanur membawa baju seragam merah dan putih serta baju adat Bali untuk diletakkan di dekat jenazah Angeline. Kegiatan ini merupakan ritual pamitan agar arwah Angeline tenang berada di sisi Tuhan.

"Yang dibawa ke sini (kamar jenazah)adalah baju seragam merah dan putih untuk Angeline dan dari sekolah juga memberikan pakaian adat Bali untuk sembahyang. Karena dia ada di Bali dan diemban penguasa Bali (leluhur di Bali), makanya diberikan pakaian adat Bali," kata Ketut Ruta, kepala SD 12 Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu (13/6/2015).

Ketut Ruta juga menyampaikan bahwa ritual pemberian baju untuk Angeline adalah sebagai bekal di alam kubur sesuai pemahaman dan kepercayaan Hindu agar dia nantinya dia dapat melanjutkan sekolah dan bisa melanjutkan hidupnya walaupun di alam lain.

"Karena dia masih sekolah maka kami memberikan baju merah dan putih agar di alam sana dia bisa mengikuti pendidikannya di sana dengan seragam yang diberikan dari sekolah," tambahnya.

Untuk ritual pemberian baju seragam dan pakaian adat ini dimulai dari melakukan persembahyangan di rumah Angeline yang dijadikan tempat kejadian perkara (TKP) untuk memohon penguasa di pura Bati Bolong yang letaknya di depan rumah Angeline, meminta agar roh Angeline dekat dengan jasadnya supaya tidak terpisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com