Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Infrastruktur Transportasi, Jokowi Bolak-balik ke Lampung

Kompas.com - 13/06/2015, 16:01 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengaku sudah bolak-balik ke Lampung bersama sejumlah menterinya. Menurut Jokowi, ini dilakukan demi rencana percepatan pembangunan yang akan dilakukan di ujung tenggara Pulau Sumatera itu.

"Saya sudah tiga kali ke Lampung selama menjadi presiden," kata Jokowi dalam pembukaan sambutan peresmian dermaga dan kapal roro di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (13/6/2015).

Banyak yang memperkirakan kedatangan Jokowi ke Lampung untuk yang ketiga kalinya berlangsung minggu depan. Sebab beberapa hari sebelumnya, Jokowi dan keluarga baru saja  menggelar acara pernikahan putra sulungnya di Solo.

Ini pun menyebabkan kesiapan kunjungan kepala negara itu terlihat serba kilat dan jadwal kunjungannya ke Lampung tidak dapat ditebak. Menurut Jokowi, ini sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat dalam mendorong percepatan pembangunan transportasi Lampung yang mempunyai peranan penting dalam arus transportasi Sumatera-Jawa.

"Dinamika pembangunan di Lampung membutuhkan kehadiran kita untuk membantu mendorong percepatan, terutama beberapa proyek nasional yang dimulai dari Lampung." ujarnya.

Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah saat ini sedang mendorong pembangunan infrastruktur. Selain transportasi darat, hal utama yang juga dikembangkan adalah transportasi konektivitas penghubung antarpulau.

"Pemerintah sedang mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, terutama konektivitas antarpulau. Ini yang utama, karena dua pertiga wilayah Indonesia adalah laut. Sudah waktunya kita memfokuskan ini," ujar Presiden.

Ada tiga buah kapal roro yang diresmikan Presiden Jokowi, yakni KMP Sebuku, KMP Legundi, dan KMP Batu Mandi. Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi Gubernur Lampung Ridho Ficardo, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Dirut ASDP Danang Baskoro.

Gubernur Lampung Ridho Ficardo mengatakan, dengan diresmikannya Dermaga 6 dan penambahan tiga buah kapal, maka akan melancarkan arus transportasi dan arus logistik nasional, terutama menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini.

Dia menyampaikan pula apresiasinya kepada pemerintah pusat, salah satunya kepada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, yang senantiasa mengunjungi Lampung. 

"Menteri Perhubungan bolak-balik ke Lampung untuk memperbaiki sistem transportasi di Sumatera, khususnya di Lampung. Tentu kami menyambut baik hal ini demi kemajuan Lampung dan kelancaran transportasi yang berimbas juga ke nasional," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com