Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Presiden, Anak Tukang Becak, Sama Saja

Kompas.com - 10/06/2015, 15:00 WIB


Oleh: Sonya Hellen Sinombor

SOLO, KOMPAS - Sebagai anak Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka (27), sebenarnya bisa menjadi "raja sehari" saat duduk di pelaminan bersama calon istrinya, Selvi Ananda Putri (24), di Istana Kepresidenan. Gibran bisa memilih mau di Istana Bogor, Cipanas, Jawa Barat, atau di Istana Negara, Jakarta. Namun, kesempatan itu ditepisnya jauh-jauh.

"Mau anak Presiden, anak tukang becak, sama saja (kalau ingin mandiri)," ujar Gibran singkat, Selasa (9/6/2015) petang, di Solo, Jawa Tengah, saat ditanya Kompas mengapa sebagai anak Presiden ia tak mau menggunakan fasilitas Istana, seperti pada era yang lalu. Baginya, sebagai anak Presiden, memang tak ada bedanya dengan anak tukang becak jika tak mau bergantung pada status orangtua.

Meskipun sebenarnya ada hak untuk menikmati status sebagai anak orang nomor satu di Tanah Air, peluang itu tak diambil. Gibran tak hanya menolak untuk menggunakan Istana Kepresidenan, tetapi juga tawaran diarak dengan kereta kencana, seperti ayahnya, Joko Widodo, setelah dilantik menjadi Presiden bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla. Praktis, hampir semua persiapan pernikahannya pada Rabu pagi hingga Kamis (10-11/6), dilakukannya sendiri.

Gibran juga ogah bertele-tele menggelar pernikahan. Sejumlah proses adat dipangkasnya. Selain lamaran (tembungan) Selasa malam, Gibran dan Selvi hanya melakukan siraman, sadean (jualan) dawet, hingga ijab kabul.

Kebetulan, dalam beberapa tahun ini, Gibran membuka usaha jasa penyelenggara pernikahan dengan bendera Chilli Pari. Oleh sebab itu, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, seperti undangan, katering, video, hingga busana pernikahan, ditanganinya sendiri.

Kecuali terkait siapa saja yang akan diundang berikut pengamanannya, Gibran harus berurusan dengan sang ayah. Maklum, ayahnya yang juga kepala negara dan pemerintahan punya banyak relasi, di antaranya mulai dari duta besar negara sahabat, kepala lembaga tinggi negara, tokoh nasional, menteri, pejabat, relawan, hingga tetangga.

Gibran, yang sejak remaja terbiasa hidup mandiri, termasuk saat belajar di Singapura dan Australia, memilih cara tersendiri untuk menyiapkan acara pernikahannya dengan sederhana. Apalagi, orangtua dari calon istrinya, Didit Supriyadi dan Sri Partini, adalah orang biasa dan bersahaja.

Berbeda dengan pengantin umumnya, hingga kemarin pun, Gibran masih terlihat sibuk bahkan turun mengurus persiapan yang masih harus diselesaikannya. "Besok pada 11 Juni, ada menu mengejutkan, yaitu martabak manis, makobar yang biasanya delapan rasa kita munculkan inovasi baru dengan 16 rasa," kata Gibran dalam keterangan pers.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com