Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria Ancam Sebarkan Video Ganti Baju Mahasiswi jika Tak Dilayani

Kompas.com - 08/06/2015, 22:07 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Seorang mahasiswa di Yogyakarta berinisial FB (24) nekat merekam seorang mahasiswi, AM (23), saat ganti baju di kamar mandi. Rekaman itu digunakan FB sebagai "senjata" untuk mengancam AM agar mau berhubungan badan dan mengirimkan foto telanjang kepadanya. Jika tidak dilayani, FB mengancam akan menyebarluaskan rekaman tersebut.

Kasatreskrim Polres Sleman AKP Danang Bagus Anggoro menuturkan, dua minggu lalu, AM (23) yang masih berstatus mahasiswi tengah mengisi liburannya di Yogyakarta. Di Kota Gudeg itu, AM menginap di tempat salah satu temannya yang berinisial DS.

"Dua minggu lalu, korban berlibur di Yogya. Lalu korban pergi berlibur ke Malang," ujar Kasatreskrim Polres Sleman AKP Danang Bagus Anggoro, Senin (8/6/2015).

Setibanya di Malang, Jawa Timur, AM membuka akun Facebook miliknya. Ia terkejut ketika melihat pesan inbox dari akun bernama Ditha Solo. Dalam pesan itu, korban diminta berfoto telanjang lalu mengirimkannya ke Ditha Solo. Selain itu, korban juga diminta untuk berhubungan badan dengan FB.

"Agar mau melakukan itu, korban diancam dengan video saat berganti pakaian. Jika tidak menuruti, video itu akan disebarluaskan," ucap Danang.

Video itu lalu di-capture oleh pelaku dan dikirim untuk meyakinkan korban.

Merasa diancam dan diminta melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya, AM akhirnya kembali ke Yogyakarta dan segera melapor ke Polres Sleman.

Satreskrim Polres Sleman lalu melakukan penyelidikan. Setelah itu, akun bernama Ditha Solo diketahui merupakan rekayasa FB, yang tidak lain adalah pacar DS. Selama AM menginap di tempat DS di Yogyakarta, ketika itu pulalah FB membuat rekaman video dengan memasang kamera di kamar mandi.

"Pelaku berhasil kami amankan di tempat tinggalnya di Jalan Monjali, Nandan, Ngaglik, Sleman," ujar Danang.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti kejahatan berupa kamera Mini DV, kartu memori, flashdisk, dan ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com