Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Rohingnya Dilatih Berbahasa Inggris

Kompas.com - 08/06/2015, 13:15 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis


BIREUEN, KOMPAS.com
 — Sebanyak 40 warga Rohingya asal Banglades yang ditampung di bekas gedung Imigrasi Lhokseumawe dilatih kemampuan dalam berbahasa Inggris. Pelatihan itu digelar oleh Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara yang bekerja sama dengan International Organization for Migration (IOM).

Rektor Unimal Prof Apridar menyebutkan, pelatihan kecakapan bahasa Inggris ini berlangsung sampai dua bulan ke depan. Ada 40 warga Rohingya asal Banglades berusia 18 tahun ke atas yang disepakati ikut dalam pelatihan ini.

"Untuk pelatihan ini, kami menyiapkan enam tenaga pengajar dari Pusat Bahasa Unimal. Satu kali pertemuan berlangsung sekitar 90 menit. Kita harap, warga Rohingnya asal Banglades itu pada akhirnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik," ujar Apridar, Senin (8/6/2015).

Dia mengatakan, dengan bekal kemampuan bahasa Inggris, warga Banglades ini diharapkan bisa berkompetisi mencari pekerjaan, baik itu di Banglades maupun di sejumlah negara lainnya ke depannya.

"Bantuan itu sebagai salah satu bentuk perhatian kita ke sesama Muslim. Kita ingin memberikan apa pun yang kita bisa untuk meringankan beban saudara kita tersebut," kata Apridar.

Ratusan warga Rohingya kini ditampung di Aceh Utara, Lhokseumawe, Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com