Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Terlibat ISIS, Lima Anggota Keluarga Riduansah Dipulangkan

Kompas.com - 19/05/2015, 22:20 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Muhammad Riduansah, terduga anggota jaringan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang diamankan di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Kamis (14/5/2015) malam lalu, hingga kini masih diperiksa intensif oleh Densus 88.

Sementara, lima anggota keluarganya dipulangkan ke daerah masing-masing. Kelima anggota keluarga yang ikut rombongan Riduansah adalah Siti Hajar Mustafa Mademing, Zaid Toha Fauzan, Harianto Sultan Lamaddu, Murniati Mappa Lebu, dan Ahmad Muadz Mustafa.

"Lima anggota keluarganya tidak terbukti terlibat dalam jaringan ISIS dan sudah dipulangkan. Sementara Muhammad Riduansah sudah jelas terlibat, bahkan namanya masuk dalam DPO Interpol," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf Selasa (19/5/2015).

Riduansah ditangkap saat hendak ke Suriah melalui Malaysia dari Bandara Internasional Juanda Surabaya dengan maskapai AirAsia QZ386.

Anas belum dapat memastikan status hukum Riduansah, karena Densus 88 memiliki waktu tujuh hari dari penangkapan untuk melakukan pemeriksaan hingga menetaopkan status tersangka atau bukan.

"Kita tunggu saja hasil pemeriksaan Densus 88," kata dia.

Menurut catatan kepolisian, Riduansah sebelumnya pernah berangkat ke Suriah. Keberangkatannya pada pekan lalu adalah yang kedua kalinya dengan mengajak lima anggota keluarganya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com