Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarian Gadis Cantik hingga Dodombaan Ramaikan Pesta Ultah Jabar

Kompas.com - 13/05/2015, 20:49 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Tanggal 19 Agustus ditetapkan sebagai hari jadi Provinsi Jawa Barat. Tahun 2015 ini, Jawa Barat berusia 70 tahun. Untuk merayakan hari jadi daerah ini akan digelar "Pesta Rakyat De Syukron" di beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat, di antaranya di Garut, Bogor, Purwakarta, Cirebon dan Kota Bandung.

Garut dipilih sebagai tempat perdana digelarnya roadshow Pesta Rakyat De Syukron. Sementara, puncak peringatan acara akan digelar di Kota Bandung.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar membuka secara resmi roadshow Hari Jadi Provinsi Jabar ini di halaman kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah IV Priangan di Jalan Ahmad Yani, Rabu (13/5/2015).

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim, kegiatan roadshow peringatan Hari Jadi ke70 Jabar tahun 2015 ini secara resmi saya buka," ucap Deddy.

Pembukaan berlangsung meriah dengan perhelatan "Gebyar Budaya Garut 2015" yang diisi sejumlah pertunjukan seni, budaya dan kearifan lokal Kabupaten Garut, di antaranya, tari-tarian, kirab budaya Garut, karnaval Budaya Garut yang ditampilkan oleh mojang cantik dan jajaka Garut. Kemudian, Dodombaan diiringi Surak Ibra, pertunjukan seni tradisional Rampak Bedug, Kawih, Marawis dan juara silat dunia, prosesi pembukaan Kawin Cai, fashion show kostum etnik Garut “Garut Molek”, Kirab Congcot dan Tumpeng lengkap dengan jampanan serta diiringi dengan parade seni budaya lainnya.

Selain itu, gebyar budaya ini diisi dengan pameran industri kreatif seni, budaya Jawa Barat, di antaranya, festival kuliner Parahyangan, pameran produk Operasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Barat, UMKM, industri kreatif dan produk unggulan yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Barat, dan tak kalah penting pameran batu akik.

Gebyar budaya Garut dengan rangkaian pameran industri kreatif ini berlangsung dua hari, mulai Rabu (13/5/2015) sampai Kamis (14/5/2015) besok.

"Ini sebagai bentuk rasa syukur kita menyambut peringatan hari jadi Jawa Barat, merupakan wujud kepedulian terhadap konten dan potensi kearifan lokal, dimana pemerintah dan masyarakat bekerja sama melakukan unjuk kabisa menampilkan warisan-warisan budaya dan seni leluhur kita, dalam bentuk inovasi, kreativitas, sosial, seni, dan budaya, maupun inspirasi di bidang ekonomi," jelas Deddy.

Dedy mengatakan, Jawa Barat, terlebih lagi Garut, sangat kaya dengan sumber daya alam, potensi wisata, baik wisata alam maupun buatan, budaya, seni dan kearifan lokalnya.

"Ini merupakan warisan leluhur kita yang perlu kita jaga, kita lestarikan dan kita kembangkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com