Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini komentar Putri Pertama Sultan HB X soal Nama Baru yang Diberikan

Kompas.com - 08/05/2015, 22:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Putri pertama Sultan Hamengku Bawono X, GKR Mangkubumi, mengaku dengan ditetapkanya nama baru oleh Sri Sultan HB X, maka ini menjadikan tanggung jawabnya semakin besar. Nama baru yang diberikan kepada perempuan yang semula bernama GKR Pembayun itu diberikan pada (5/5/2015) lalu di Siti Hinggil Keraton.

GKR Mangkubumi pun berharap agar paman-pamannya mau mengajari dan membimbingnya.

"Dari nama lengkap sendiri itu nama yang besar. Di pundak saya mempunyai tugas besar untuk Hamemayu Hayuning Bawono Langeng. Ini yang bagi saya cukup besar," ujar GKR Mangkubumi saat ditemui seusai penjelasan Sultan mengenai Sabda Raja dan Dawuh Raja di Dalem Wironegaran, Jumat (8/5/2015).

GKR Mangkubumi menuturkan terkait adanya pro dan kontra yang saat ini terjadi di Kerabat Keraton, semuanya dikembalikan kepada masing-masing anggota keluarga serta masyarakat. Sebab, dirinya hanya menerima dawuh (perintah) dari Allah serta leluhur lewat Sri Sultan HB X.

"Saya sih monggo kemawon (terserah saja). Saya ngundi dawuh (menerima perintah) dari Gusti Allah melalui Ngarso Dalem (Sri Sultan)," ucapnya.

GKR Mangkubumi berharap adik-adik Sri Sultan Hamengku Bawono X mau mengajarinya dan membimbingnya untuk melestarikan budaya Keraton. "Saya berharap romo-romo (Adik Sultan) mau mengajari saya dan adik-adik saya. Kami masih sangat muda," tuturnya.

Dia juga mengajak agar masyarakat tidak hanya menerjemahkan dengan pikiran namun menggunakan hati serta perasaan. "Saya tidak bisa memaksakan apa yang terjadi di keraton. Ini pun tidak bisa diolah dengan pikir, tetapi rasa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com